Minggu, 27 November 2011

Iblis Menggugat Tuhan


aaaah, akhirnya kelar juga baca novel ini. dari judulnya sih emang keliatan agak aneh.
iblis menggugat tuhan? lho, kenapa?!! novel ini bener-bener bagus buat saya pribadi. karya shawni yang satu ini bener-bener bikin saya mikir dan harus beberapa kali bacanya.
karena kalau sampe salah ngerti maksud penulis, kita pasti bakal ngira ini novel "sesat".
buku ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu "the madness of god" dan "the men who have the elephant".
di bagian pertama, buku ini menjelaskan tentang kegundahan seorang pendeta bernama bukharah, dia bingung memahami keesaan Tuhan, ia ragu apakah Tuhan benar-benar menciptakan kejahatan. lalu apa tujuan Tuhan menciptakan kejahatan? lalu rasul menjawab, "ketahuilah, sesungguhnya keesaan Allah itu tersembunyi dari menara logikamu. singkirkan keraguanmu. pengetahuan tentang keesaan Allah sungguh berbahaya, dan yang mencarinya mudah sekali tersesat. jangan tanyakan pada Tuhanmu apa yang sesungguhnya tak sanggup engkau dengar"
lalu ada percakapan antara bukharah dan iblis. iblis menggugat Tuhannya yang dinilai tidak adil, Tuhan memerintahkan dia untuk hanya bersujud kepadaNya. tetapi ketika manusia diciptakan, Tuhan malah menyuruh iblis untuk bersujud kepada manusia, lalu iblis menolaknya. pada bagian ini, pembaca harus berhati-hati dalam membaca, dan tidak boleh membacanya hanya setengah!

pada bagian kedua, menceritakan tentang penyerangan tentara abrahah terhadap mekkah ketika nabi Muhammad lahir. di bagian ini, lagi-lagi saya dibuat takjub oleh si penulis. ada quotes yang bagus dari siraaj "Tuhan lebih mudah mengampuni orang kotor yang berbuat dosa dari pada orang beriman yang menyombongkan diri".
ini novel bener-bener recommended deh buat remaja-remaja yang butuh pegangan dalam mencari "Tuhan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar