Rabu, 22 Desember 2010

penghijauan


sekarang gw coba ngebahas tentang penghijauan.
penghijauan atau reboisasi adalah menanam (kembali) tanaman hijau yang berfungsi sebagai paru-paru dunia. di indonesia banyak banget jenis tanaman, hutan di kalimantan adalah salah satu dari paru-paru dunia. tapi sayang banget karena hampir sebagian wilayah sudah menjadi lahan yang tandus akibat penebangan dan pembakaran hutan secara liar.
hal ini kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah Indonesia, bahkan asap kebakaran hutan di kalimantan mencapai daerah malaysia dan singapura. berulang kali pemerintah Indonesia ditegur oleh negara tersebut.
tentu saja cara pertama yang harus dilakukan untuk menjaga hutan kita adalah pemerintah harus memperketat pengawasan di daerah hutan.. setelah itu, kita sebagai warga negara juga harus berpartisipasi menjaga. misalnya dengan melaporkan jika kita melihat ada penebangan liar.
selain itu, kita juga harus membiasakan diri dengan tidak memetik atau menebang tanaman sembarangan.
penghijauan tidak selalu dengan menanam bibit pohon yang harus di beli dulu, banyak cara bisa dilakukan. misalnya dengan cangkok, stek, dsb yang sangat mudah dan murah untuk dilakukan.
jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan penghijauan !
kalau bukan kita, siapa lagi ? :)
hidup hijau untuk masa depan!

1 komentar:

  1. Mari kita bertanya pada diri kita sendiri: "Sudahkah saya menanam pohon?"
    "Berapa batangkah pohon yg pernah saya tanam?"
    "Berapa batangkah pohon yg sudah saya tebang?"

    BalasHapus